Pengantar Materi Website

Tim RBB - 05 May 2021

Halo saya Edri Brow, saya pengelola ruangan belajar Website.

Langsung saja ya, berikut istilah-istilah dasar yang perlu kamu ketahui:


  1. Website/Situs: Suatu kumpulan halaman yang terdiri dari berbagai menu informasi. Website dapat di akses melalui jaringan internet. Contoh website rumahbelajarbersama.com atau edribrow.com

  2. Domain :  Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi server komputer agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP (Internet Protokol) address. Agar website / aplikasi onlinenya dapat dengan mudah diakses oleh pengunjung, maka pemilik website tersebut harus menggunakan domain.  Domain juga dapat disebut sebagai alamat dari sebuah situs, seperti dengan website rumahbelajarbersama.com adalah alamat situs dari Rumah Belajar Bersama, agar lebih mudah diakses.

  3. Hosting : Adalah  tempat menyimpan data atau server yang terhubung dalam jaringan. Contohnya kita sewa hosting perbulan sejumlah 500 Megabyte (Mb), maka kita bisa menaruh/mempergunakan data sebanyak maksimal 500 Mb di website kita. Di dalam hosting itu sendiri ada berbagai macam sumber daya yang dapat dikembangkan. Perlu diingat, masing-masing penyedia memiliki tampilan yang berbeda-beda, tapi jangan kuatir karena resource (sumber daya) yang ada didalamnya sama saja, yang membedakannya adalah jumlah fitur.

    Hosting dan Domain adalah bagian yang tak dapat dipisahkan. Jika di ilustrasikan, domain adalah Alamat Rumah seperti Jl. Saekarno Hatta No. 1, sedangkan Hosting adalah kapasitas rumah itu sendiri. Seberapa besar rumah itu bisa diisi berbagai perabotan atau apapun.

Website ada berbagai macam jenis, antara lain : 

  1. Landing Page yang khususkan untuk penjualan Produk dan Jasa tertentu.

  2. Blog atau Website Pribadi

  3. Profile Company Website atau Website Profil Perusahaan.

  4. Online Travel Agency and Agen Online Travel

  5. Ecommerce atau lebih di kenal dengan Online Shop atau Online store yang dalam bahasa indonesianya adalah Toko Online.

  6. Website Organisasi atau Instansi Pemerintahan

  7. Website Berita

  8. Website Blog untuk Konten Marketing


Setiap jenis Website memiliki karakteristiknya masing-masing sehingga penerapan kerjannya juga berbeda-beda. Demikian halnya dengan resource (sumber daya) yang digunakan. Ruang belajar website akan menggunakan WordPress sebagai resource dalam membangun semua jenis website seperti tersebut di atas.

Oleh sebab itu, walaupun kamu sudah bisa belajar dengan otodidak, kami siap membantu anda dengan berbagai jasa pendampingan, konsultasi, pelatihan, pembuatan dan jasa lain yang terkait. Langsung kontak kami melalui situs rumahbelajarbersama.com ini atau melalui edribrow.com yuk belajar bersama.